Tags

, , , , ,

Jakarta Berhias, Hijau dan Berbunga

Pameran Flora dan Fauna (Flona) 2016 Jakarta kembali digelar di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Foto: istimewa

 

Pameran Flora dan Fauna (Flona) Jakarta kembali digelar di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Selama sebulan ke depan warga ibukota akan disuguhkan berbagai pameran bunga hias yang eksotis.

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI, Djafar Muchlisin mengatakan untuk tahun ini pihaknya mengambil tema ‘Jakarta Berhias, Hijau dan Berbunga’. “Pameran tahun ini memang fokus pada tanaman hias. Sehingga kegiatan ini diharapkan akan mampu mengajak masyarakat untuk menjadikan Jakarta sebagai kota modern yang sejuk karena banyak tanamannya,” ujar Djafar usai membuka pameran Flona Jakarta 2016, Jumat (5/8).

Adapun untuk tahun ini Pameran Flona 2016 diikuti sebanyak 155 peserta pameran dengan target sebanyak 140 ribu pengunjung tanpa dipungut baiaya tiket masuk alias gratis. Pameran Flona 2016 sendiri akan dibuka hingga 5 September 2016 mendatang.

Sementara itu Sekretaris Daerah Propinsi (Sekdaprop) DKI, Saefullah yang hadir mewakili Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama menyatakan terdapat kemajuan dalam pelaksanaan pameran kali ini dibanding sebelumnya. “Yang membedakan adalah kapasitas lahan pameran bagi pemerintah. Jika tahun sebelumnya hanya diberikan 100 meter kini, pemkot di lima wilayah kota dan satu kabupaten di beri lahan pameran seluas 1.000 meter2,” ujar Saefullah.

Dengan demikian, setiap pemkot dan pemkab dapat berkreasi dalam menampilkan produk yang ditawarkan dalam pameran ini. Lebih lanjut Saefullah menambahkan, bahwa penyediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) memang menjadi salah satu fokus kerja Pemprov DKI.

Namun hal itu dikatakannya tidak akan terwujud tanpa adanya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menyayangi tanaman. Karena itu, untuk mendorong minat warga mencintai lingkungan dan tanaman, pihaknya tengah mengusulkan untuk memberikan potongan besaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) bagi warga yang rumahnya memang penuh dengan tanaman dan asri.

“Kita akan coba usulkan untuk diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub). Dengan adanya kebijakan ini warga mungkin akan lebih tertarik menjadikan rumahnya hijau dan asri,” pungkasnya. (wok)

Sumber : http://indopos.co.id/bertema-jakarta-berhias-hijau-dan-berbunga-lokasi-flona-kini-lebih-lega/

 

Advertisements